

Microsoft Word adalah paket perangkat lunak pengolah kata. Anda dapat menggunakannya untuk huruf jenis, laporan, dan dokumen lainnya. Tutorial ini mengajarkan dasar-dasar Microsoft Word 2007. Meskipun tutorial ini diciptakan untuk pemula komputer, karena Microsoft Word 2007 sangat berbeda dari versi sebelumnya dari Microsoft Word, bahkan pengguna berpengalaman mungkin akan berguna.

Pelajaran ini akan memperkenalkan Anda ke jendela Firman. Anda menggunakan jendela ini untuk berinteraksi dengan Word. Untuk memulai pelajaran, buka Microsoft Word 2007. Jendela Microsoft Word akan muncul dan layar anda terlihat mirip dengan yang ditunjukkan di sini.
Catatan: Anda mungkin tidak akan terlihat sama seperti yang ditampilkan di layar. Pada Word 2007, bagaimana menampilkan jendela tergantung pada ukuran jendela Anda, ukuran monitor anda, dan resolusi monitor anda yang ditetapkan. Resolusi menentukan seberapa banyak informasi monitor komputer Anda dapat menampilkan. Jika Anda menggunakan resolusi yang rendah, kurang sesuai informasi pada layar, tetapi ukuran teks dan gambar yang lebih besar. Jika Anda menggunakan resolusi tinggi, informasi lebih lanjut sesuai pada layar Anda, tetapi ukuran teks dan gambar yang lebih kecil. Selain itu, Word 2007, Windows Vista, dan Windows XP memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengubah warna dan gaya windows anda.
Di sudut kiri atas jendela Word 2007 adalah Microsoft Office tombol. Ketika Anda mengklik tombol, muncul menu. Anda dapat menggunakan menu untuk membuat file baru, buka file yang sudah ada, menyimpan file, dan melakukan tugas-tugas lainnya.



Selanjutnya ke toolbar Akses Cepat adalah batang Judul. Title bar menampilkan judul dokumen di mana Anda saat ini bekerja. Word nama dokumen baru pertama kali Anda membuka Document1. Ketika Anda membuka dokumen baru tambahan, Firman nama-nama mereka secara berurutan. Bila Anda menyimpan dokumen Anda, Anda menetapkan dokumen nama baru.

Anda menggunakan perintah untuk memberitahu Microsoft Word apa yang harus dilakukan. Dalam Microsoft Word 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah. Pita terletak di dekat bagian atas layar, di bawah toolbar Akses Cepat. Di bagian atas Ribbon beberapa tab, mengklik tab menampilkan beberapa kelompok perintah terkait. Dalam setiap kelompok terkait perintah tombol. Anda klik tombol untuk mengeluarkan perintah atau untuk mengakses menu dan kotak dialog. Anda juga dapat menemukan sebuah peluncur kotak dialog di pojok kanan bawah dari suatu kelompok. Mengklik kotak dialog peluncur memberikan Anda akses ke perintah tambahan melalui kotak dialog.

Penguasa ditemukan di bawah Ribbon.

Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengubah format dokumen Anda dengan cepat. Jika penguasa Anda tidak terlihat, ikuti langkah-langkah yang tercantum di sini:



1. Klik tab View untuk memilihnya.
2. Klik kotak centang di sebelah Penguasa dalam kelompok Tampilkan / Sembunyikan. Penguasa muncul di bawah Ribbon.
Tepat di bawah penguasa merupakan daerah besar yang disebut area teks. Anda mengetik dokumen Anda di area teks. Garis vertikal berkedip di sudut kiri atas area teks kursor. Ini menandai titik penyisipan. Saat Anda mengetik, Anda akan menampilkan teks pada lokasi kursor. Garis horizontal kursor sebelah menandai akhir dokumen.

Vertikal dan horizontal scroll bar memungkinkan Anda untuk bergerak ke atas, bawah, dan di jendela Anda hanya dengan mendrag ikon terletak di scroll bar. Vertikal scroll bar terletak di sepanjang sisi kanan layar. Horizontal scroll bar yang terletak tepat di atas status bar. Untuk bergerak ke atas dan ke bawah dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar vertikal atas dan ke bawah. Untuk berpindah bolak-balik melintasi dokumen Anda, klik dan tarik horisontal scroll bar bolak-balik. Anda tidak akan melihat horisontal scroll bar jika lebar dokumen Anda sesuai pada layar Anda.


Pada Word 2007, Anda dapat menampilkan dokumen Anda dalam salah satu dari lima pandangan: Draft, Web Layout, Print Layout, Full Screen Reading, atau Layout Online.
Draft Lihat
Draft melihat adalah pandangan yang paling sering digunakan. Anda menggunakan tampilan Draft untuk dengan cepat mengedit dokumen Anda.
Web Layout
Tampilan Layout Web memungkinkan Anda untuk melihat dokumen Anda karena akan muncul dalam browser seperti Internet Explorer.
Tata Letak Cetak
Tampilan Layout Cetak menunjukkan dokumen seperti yang akan tampak bila dicetak.
Membaca Layout
Membaca Layout format tampilan layar Anda untuk membuat membaca dokumen Anda lebih nyaman.





1. Klik tab Lihat.
2. Klik Draft dalam kelompok Tampilan Dokumen. Ketika pilihan Draft dipilih muncul dalam warna yang kontras.
Selama pelajaran yang berikut, Anda akan diminta untuk "klik" item dan untuk memilih tab. Ketika diminta untuk klik:
- Arahkan ke item.
- Tekan tombol kiri mouse Anda sekali.
Jika Anda diminta untuk klik ganda item:
- Arahkan ke item.
- Dengan cepat tekan tombol kiri mouse Anda dua kali.
Jika Anda diminta untuk klik kanan:
- Arahkan ke item.
- Tekan tombol mouse sebelah kanan.
Jika Anda diminta untuk memilih tab, klik tab.
karakter tertentu, yang disebut non-cetak caharacters, tidak tercetak dan tidak akan muncul dalam dokumen Anda dicetak tetapi mempengaruhi tata letak dokumen Anda. Anda dapat memilih untuk melihat karakter di layar saat Anda mengetik atau Anda dapat memilih untuk memiliki mereka tetap tidak terlihat. Untuk pelajaran ini, memilih untuk melihat mereka pada layar. Tabel ini menggambarkan sebagian besar dari mereka:
Karakter | Menunjukkan |
![]() | A tab |
. | Sebuah ruang |
¶ | Akhir paragraf |
![]() | Tersembunyi teks |




- Pilih tab Home.
- Klik Tampilkan / Sembunyikan tombol
dalam kelompok ayat. Tampilkan / Sembunyikan tombol muncul dalam warna kontras, ketika dipilih.
Jika Anda mengetik = rand () dalam dokumen Word Anda, kemudian tekan Enter, Word membuat tiga paragraf. Anda dapat menggunakan paragraf tersebut untuk berlatih apa yang Anda pelajari. Selama pelajaran ini, Anda akan diminta untuk memilih teks. Latihan berikut mengajarkan Anda cara membuat data dan bagaimana cara memilih data. Anda dapat memilih dengan menggunakan tombol panah atau dengan mengklik dan menyeret. Bila menggunakan tombol panah, menggunakan panah atas untuk bergerak ke atas, panah bawah untuk bergerak ke bawah, panah kiri untuk bergerak ke kiri, dan panah kanan untuk bergerak kanan. Bila menggunakan mouse, tekan tombol kiri mouse dan kemudian tarik ke arah yang ingin Anda pindahkan.
LATIHAN 1
Buat Contoh Data
- Type = rand ().
- Tekan Enter. Tiga paragraf muncul dalam dokumen Anda.
Pilih dengan Shift dan Panah
- Tempatkan kursor anda sebelum kata "On" di paragraf pertama.
- Tekan dan tahan tombol Shift, yang berfungsi sebagai menampilkan "jangkar" di mana teks yang ingin Anda pilih mulai atau berakhir.
- Tekan tombol panah kanan sampai baris pertama dari teks akan disorot.
- Tekan tombol panah bawah sampai paragraf pertama disorot.
- Klik di manapun di luar area yang disorot untuk menghilangkan penyorotan.
Pilih dengan Mouse
- Tempatkan kursor anda sebelum kata "Anda" dalam paragraf kedua.
- Tekan dan tahan tombol kiri mouse.
- Tarik mouse sampai Anda telah menyoroti paragraf kedua.
- Klik di manapun di luar area yang disorot untuk menghilangkan penyorotan.
Selama pelajaran, Anda akan sering diminta untuk menempatkan kursor pada lokasi tertentu (titik penyisipan) pada layar. Anda menempatkan kursor dengan memindahkan kursor ke lokasi yang ditentukan dan menekan tombol kiri mouse atau dengan menggunakan tombol panah untuk pindah ke lokasi yang ditentukan.



- Gunakan tombol panah bawah untuk bergerak turun dokumen Anda.
- Gunakan panah kanan untuk bergerak ke kanan.
- Gunakan tombol panah untuk bergerak ke atas.
- Gunakan tombol panah kiri untuk bergerak ke kiri.
Kursor
- Bergerak di sekitar anda dokumen dengan menggunakan mouse anda dan mengklik di berbagai lokasi.
- Klik di lokasi dan jenis. Catatan apa yang terjadi.
Ada banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk menyelesaikan tugas ketika menggunakan Word. Umumnya, Anda memilih pilihan dengan mengklik pilihan pada Pita. Namun, Anda juga dapat menggunakan tombol pintas. Sebuah nama utama diikuti dengan surat plus dan sarana untuk menekan tombol sambil menekan huruf. Misalnya, Ctrl + b berarti Anda harus menahan tombol Ctrl sambil menekan "b." Sebuah notasi singkat di atas akan berbunyi sebagai berikut:
Tekan Ctrl + b
Juru ketik yang melambat dengan menggunakan mouse biasanya lebih suka menggunakan tombol.
Ketika Anda mengetik di Microsoft Word, Anda tidak perlu menekan tombol untuk pindah ke baris baru. Untuk memulai paragraf baru, tekan tombol Enter.
Anda telah menyelesaikan Pelajaran Satu. Biasanya, Anda menyimpan pekerjaan Anda sebelum keluar.
LATIHAN 3
Tutup dan Simpan-Windows Vista

Klik tombol Microsoft Office. Sebuah menu akan muncul.
- Klik Keluar Word, yang dapat Anda temukan di sudut kanan bawah.



- Anda diminta: "Apakah Anda ingin menyimpan perubahan ke Document1?" Untuk menyimpan perubahan Anda, klik Yes. Jika tidak, klik No Jika anda klik Ya, kotak dialog Save As muncul.

- Pindah ke folder yang benar.
- Nama file Anda dengan mengetikkan Pelajaran One.doc dalam bidang Nama File.
- Klik Simpan. Word menyimpan file Anda.
· Tutup dan Simpan-Windows XP
- Klik tombol Microsoft Office. Sebuah menu akan muncul.
- Klik Keluar Word, yang di sudut kanan bawah.
- Anda akan diminta: "Apakah Anda ingin menyimpan perubahan ke Document1?" Untuk menyimpan perubahan Anda, klik Yes. Jika tidak, klik No Jika anda klik Ya, kotak dialog Save As muncul.
- Tentukan folder yang benar di Simpan Dalam kotak.
- Nama file Anda dengan mengetikkan Pelajaran One.doc dalam bidang Nama File.
- Klik Simpan. Word menyimpan file Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar